Assalâmu’alaikum Warahmatullâhi Wabarakâtuh

Bapak dan ibu, serta saudara dan saudari para pecinta Al-Quran yang dirahmati Allah Subhâhanu wa Ta’âla

Tak terasa sebentar lagi Al-Quran Institute akan menggenapkan tahun ketiga kehadirannya di Kabupaten Banggai. Sejak didirikan pada bulan Agustus di tahun 2020, Alhamdulillah, Alquran Institute sebagai sebuah lembaga non profit telah berusaha memberikan manfaat buat Umat Islam. Menyentuh semua lapisan baik dari anak-anak sampai orang dewasa. Laki-laki dan perempuan. Serta terbuka untuk semua kalangan umat Islam.

Di penghujung tahun yang ketiga, Al-Quran Institute makin mengokohkan jatidirinya sebagai sebuah Lembaga Al-Quran yang bertujuan untuk membangun ekosistem pembelajaran Al-Quran dalam semua dimensinya. Baik secara nalar ilmiah dalam segi cara memahami kandungan Al-Quran dan mengetahui ilmu Al-Quran. Maupun tata cara membacanya dan menghapalnya. Seperti program Tahsîn Tilâwah, Tahfîdz, Qirâah, Sertifikasi Al-Quran, Matan Tajwid, dan Musabaqah Al-Quran. Termasuk pelatihan Bahasa Al-Quran. Di kemas dalam bentuk kajian mingguan, kelas Al-Quran, kursus offline dan online, serta majelis lainnya.

Al-Quran Institute juga mengembangkan dakwah digital melalui platform jejaring media sosial, radio Al-Quran, podcast dakwah, yang mengedepankan konten-konten yang terkait dengan Al-Quran dan materi-materi keislaman lainnya. Kami juga mengembangkan dakwah sosial. Seperti peduli suku terasing, bantuan korban bencana dan tali kasih bagi yang tidak mampu. Serta dakwah olahraga melalui Masjid Daarussalaam Football Club.

Melalui Masjid Daarussalaam di lantai dua Al-Quran Institute Banggai, kami juga menyediakan hidangan berbuka puasa senin dan kamis, serta program Jumat Berkah yang dilaksanakan setiap salat Jumat dalam bentuk memberikan makanan gratis kepada setiap jamaah yang melaksanakan salat.

Untuk mendukung dakwah Al-Quran, kami juga mengembangkan UMKM yang berbasis profit sharing. Ada Kedai Thayyib, Kedai Duha, lapak makanan dan minuman yang halâlan thayyiban. Bagi yang ingin melaksanakan haji dan umrah, Al-Quran Institute bekerjasama dengan travel resmi dan terdaftar juga menawarkan paket haji dan umrah yang mengedepankan pendampingan pelaksanaan haji dan umrah sesuai sunnah secara menyeluruh.

Sebagai lembaga non profit, Al-Quran Institute juga membuka kesempatan buat para donatur yang ingin mengembangkan dakwah Al-Quran bersama Al-Quran Institute. Tidak lupa kami juga berterima kasih kepada semua donatur yang telah mendukung dan bekerjasama dengan Al-Quran Institute. Insya Allah, kami senantiasa berdoa, buat semua yang terlibat dengan Al-Quran akan mendapatkan kemuliaan Al-Quran selama hidup di dunia dan mendapat syafaat Al-Quran di hari kiamat nanti.

Assalâmu’alaikum Warahmatullâhi Wabarakâtuh

 

Ustadz H. Iswan Kurnia Hasan, Lc., MA.

Founder Al-Quran Institute