Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

Bapak dan ibu yang dirahmati Allah Swt

Memasuki bulan Ramadhan, Rasulullah Saw memberikan pahala puasa tambahan, walaupun tanpa berpuasa. Rasulullah Saw. bersabda, ““Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga” (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Untuk mengamalkan hadis ini dengan utuh, masjid-masjid seperti di Mekkah, Madinah atau negara Timur Tengah lainnya memiliki program “MAAIDATURRAHMAN” selama bulan Ramadhan.

Maaditurrahman artinya hidangan gratis dari Allah Yang Maha Pengasih. Maksudnya takmir masjid menghidangkan makanan untuk berbuka yang dibagikan secara gratis bagi yang berpuasa. Bukan hanya sekedar menyiapkan takjil, tapi nasi yang lengkap dengan lauk, sayur dan buah. Sehingga yang berbuka tidak perlu lagi memikirkan makan malam setelah diberikan takjil.

Untuk itu Masjid Daarussalaam Alquran Institute Banggai pada Ramadhan kali ini akan menggagas program Maaidaturrahman dan mengajak bapak dan ibu yang ingin memberikan makanan bagi yang berpuasa di bulan Ramadhan.

Makanan berbuka akan difokuskan distribusinya kepada para mustahik zakat, yatim piatu dan orang-orang yang membutuhkan selama bulan Ramadhan di setiap harinya.

Semoga dengan kita bisa berbagi kepada yang membutuhkan, di bulan Ramadhan yang pahalanya berlipat ganda, maka kemenangan fitri akan betul-betul bisa direalisasikan saat fajar Syawal menjelang.

Rasulullah Saw. bersabda, ““Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.” Seorang arab badui berdiri sambil berkata, “Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?” Nabi Saw. menjawab, “Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan shalat pada malam hari di waktu manusia pada tidur” (HR. Tirmidzi).

Wassalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh